Senin, 29 Februari 2016

Motivator Guru Lukisku di masa SMP



Karya maestroku ini 
YANG PERTAMA KALI 
dicetak dan dilihat banyak orang
Tak lepas dari jasa 
ning Yayuk Sulistyowati
Dia GURU GAMBARKU 
yang PERTAMA
Tanpa BAYAR dan 
tanpa TATAP MUKA
Begini ceritanya........


Ning YAYUK ini adalah 
teman setiaku 
di SMP NEGERI 3 PRABAN
Aku hampir tidak punya teman 
di sana
Karena aku anak paling BODOH 
di kelas







Aku PERINGKAT TERAKHIR 
RANKING DI KELAS
Jadinya tidak ada teman 
yang suka dekat denganku

Tapi lain dengan 
ning YAYUK ini
Dia hampir menemani aku 
kemana aku mau
Sewaktu aku masih SMP

Kami berangkat dan 
pulang BERSAMA
Naik sepeda dan saling setia 
menjemput satu sama lain

Ning YAYUK adalah 
ANAK GAUL 
yang punya banyak teman
Hampir tiap kelas kenal dirinya

Sedangkan aku.......
Aku TIDAK PUNYA TEMAN 
sama sekali
Punya teman satu namanya EKO 
tapi menjengkelkan sekali
Minta diantar pulang tapi setelah sampai 
aku malah DIPUKUL MUKAKU

Aku TIDAK PUNYA TEMAN 
sama sekali
Aku pengen punya teman dan 
aku SAPA .......
Namanya UMAR.....
Dia idolaku karena lucu
Mungkin karena dia jengkel 
aku sapa terus.....
MUKAKU MALAH DITONJOK 
Di depan temanku NING YAYUK ini 
Di depan BLAURAN lama
Susahnya jadi orang tidak populer

Akut TIDAK PUNYA TEMAN 
sama sekali
Kadang aku menipu IBUKU 
Kalau aku pamit 
ke RUMAH TEMAN
Padahal TEMAN yang aku maksud itu 
TIDAK ADA
Aku hanya naik sepeda 
KELILING SURABAYA
Menangis dan menyesali diri
Untungnya aku tidak ada niat 
untuk BUNUH DIRI
Malam hari ....... sendiri
Keliling naik sepeda ........
(waktu itu belum musim anak muda 
naik sepeda seperti sekarang)
Akhirnya aku jadi tau
Keliling ke THR
Keliling ke DELTA PLAZA
Sendiri ........ naik sepeda

Kembali ke GURU GAMBARKU

Waktu itu aku buuuuuuuuuuuuueci 
pelajaran gambar
Sejak SD aku paling tidak mood 
kalau menggambar

Buku gambarku ketinggalan dan 
kebawa di tas NING YAYUK 
Dan terbawa pulang di rumahnya
Aku pikir hilang entah kemana
Ternyata.......
NING YAYUK mengembalikan dan 
sudah menyelesaikan seluruh gambarku
Yang awalnya waktu itu 
aku kerjakan separuh
Seperti mengarsir.....
Seperti membuat garis garis.....
Seperti membuat bulat bulat.....
Seperti membuat gambar gedek......
Separuh dan jadi sempurna 
dilajutkan oleh NING YAYUK

Hasilnya......
Aku mendapat nilai 80
Gambarku terbaik di kelas
Aku tidak menyangka.....
Padahal nilaiku rata rata 2,5 
atau paling tinggi 3,9
Ini nilai tertinggiku
Luuuuuuuuuuuar biasa
Tiap kali pelajaran menggambar 
aku selalu disuruh maju ke depan kelas
Aku jadi semangat hidup

Ning yayuk membawa perubahan padaku



Sayangnya bakatku ini tidak kesampaian 
untuk aku kirim di majalah sekolah 
Di SMP NEGERI 3 PRABAN 
namanya majalah MASPRATA

Yo wes lah





Ketika di SMA impianku masih ada........
Ada majalah sekolah di SMA 
namanya majalah TIARA
Orang orang yang paling berjasa 
di sana.....
Wahyudi  ........ 
YANG MENGAJAKKU PERTAMA
Toto Basuki ........... 
GURU PEMBIMBINGKU 
yang ramah walau aku sedang marah
Syahrul Alamsyah ............ 
KAKAK SENIORKU 
yang menjadi guruku menulis di SMA


Gambar kartunku semasa SMA ini 
adalah gambar 
AREK SUROBOYO BERJUANG
Kini terwujud aku ikut 
komunitas pencinta sejarah
Roode Brug

KINI AKU PUNYA BANYAK TEMAN 

Semoga ini bisa menjadi inspirasimu


tulisan ini aku tulis ketika ning YAYUK
ulang tahun pada tahun 2013
SURABAYA 28 FEBRUARI 2013


ini ungkapanku ketika ning YAYUK
datang ke SURABAYA
namun aku tidak sempat service
memuaskan untuk mengantarnya keliling
KOTA SURABAYA
karena kesibukanku:

Selamat ulang tahun 
ning YAYUK SULISTIOWATI
Sms sampean seng terakhir 
tak woco terus ning
Sampek mbrebes mili aku rek
Sorry aku nggak iso service 
secara maksimal 
Saat kedatangan sampean 
nang suroboyo
Soale kegiatanku yo wuuuuuuuuuuuukeh
Aku ora kapok kok
Wedine sampean seng gelo 
Matur nuwun ning
Sampean sahabatku seng sempurna

di share kembali
tanggal KABISAT
Surabaya, Senin 29 November 2016



Tidak ada komentar:

Posting Komentar