Sabtu, 28 Februari 2015

DANA SILUMAN masa di SMA SEJAHTERA tahun 1991

TENTANG DANA SILUMAN tahun 1991
Semasa SMA aku suka FILM INDONESIA
Nonton bioskop di SIMO RUKUN
Dari uang pelajaran MEMASAK
Cowok kok suka masak? ...... Aneh





Banyak para pejabat beramai ramai
Membuat DANA SILUMAN
Untunglah aku lahir sebagai
Orang normal biasa
Bukan anak pejabat
Bukan anak presiden
Bukan anak raja
Jadinya aku bisa belajar NORMAL
Atas pengalaman pribadiku sendiri

DANA SILUMAN LAHIR
Tentunnya banyak sebabnya
Karena untuk memenuhi KEBUTUHAN

Semasa SMA ku
Aku kebutuhan utama adalah
Nonton FILM INDONESIA
Seperti CATATAN SI BOY
Dan kini aku pun seperti dia
SUKA MENULIS

Karena aku BODOH di kelas
Aku tidak suka BELAJAR
Aku tidak suka PELAJARAN
Jadi aku lampiaskan untuk NONTON
NONTON BIOSKOP di SIMO RUKUN

Inspirasiku
Obsesiku
Aku pengen jadi ARTIS
Aku pengen jadi SUTRADARA
Aku pengen jadi PENULIS SKENARIO
Yang penting di dunia film

OKE .....
Kembali ke TEMA
DANA SILUMAN
Dari seringnya nonton bioskop
Aku selalu memakai uang siapapun juga

Aku berusaha jadi BENDAHARA
Bendahara BUKU LKS
Bendahara PELAJARAN MEMASAK

Aku jadi KETUA MASAK MEMASAK
Uang, aku yang pegang
(semoga ini jadi pelajaranmu juga)
Uang itu akhirnya TERPAKAI
Untuk nonton bioskop




Sampai pada pembuatan laporan
Aku cari cari cara
Bumbu masak sebenarnya ada
Bumbu masak aku ambil
Dari dapurku sendiri

Tiap satu jenis bumbu
Aku hargai SATUAN

Bawang dan sejenisnya
Aku hargai Rp. 50,-
Dengan harga itu
Seharusnya bisa satu rumpun rempah
Kalau di kurs kan
Harga sekarang tahun 2015
Sekitar Rp. 500,- sampai Rp. 1500,-

Aku nonton bioskop waktu itu
Rp. 300,- tahun 1991
Untuk bioskop kelas MISBAR
Gerimis bubar.....
Tapi gedung bioskop SIMO RUKUN
Gedung tertutup
Kalau Rp. 300,- di kurs kan tahun 2015
Bisa Rp. 3000,- sampai Rp. 6000,-

Uang untuk MEMASAK di sekolah
Sudah aku pakai sampai tiga kali nonton
Jadi sampai Rp. 900,-
Jadinya pertanggungjawaban uang
Aku mencari banyak cara
Antara lain aku TIDAK BELANJA
Tapi ambil bumbu dari DAPURKU sendiri

Anak dalam kelompok bernama YENI
Protes bukan main
Katanya Rp. 50,-
Sudah dapat satu rumpun rempah

Temanku FATIMAH anak juara kelas
Komentar ....
“Laaaah..... ketuanya cowok sih....”
FATIMAH meragukanku
Dan memang aku MERAGUKAN

Yang memalukan lagi
Aku satu kelompok dengan cewek
Yang juga masih tetangga denganku
Di rumah...
Namanya WIWIK

Semuanya kacau
Tapi aku memperbaiki untuk
Ikut memasak
Padahal semua cowok di kelas
Tidak ada yang ikut memasak
Jadinya aku satu satunya cowok
Yang memasak

Masalah itu antara
Selesai dan tidak selesai

DANA SILUMAN
Lahir dari KEBUTUHAN

Jangan ditiru ya pelajaranku ini

Dimana ada KESEMPATAN
Pasti ada PERBUATAN

BEKERJA DI KEUANGAN ORANG
BEKERJA MEMEGANG UANG
BEKERJA TANGGUNG JAWAB UANG
Bisa merupakan ANUGRAH
Bisa merupakan MUSIBAH
Kamu memilih yang mana?

Peristiwa .....
Surabaya, masa SMA tahun 1991

Ditulis .....
Surabaya, Sabtu 28 Februari 2015

blog yang sama isinya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar